HEADLINE NEWS

USA Air Force Spesial Operation Comando Latihan Bersama Paskhas Teknik Perang Kota dan Hutan



KABAR 24JAM, MEDAN - USA AIR Force latihan tempur bersama dengan pasukan khas  Paskhas TNI AU, Yonko 469 dan WING III Paskhas, Kegiatan Joint Combined Exercise Traning ( JCET ) Spear Iron ini adalah latihan bersama antara USA Force 320 yang bertujuan untuk membina hubungan kerja sama yang lebih baik antara negara  Indonesia dengan  Amerika melalui kerja sama militer untuk saling berbagi ilmu pengetahuan di bidang militer. (13 Juni S/d 4 Juli 2019)

Dalam latihan bersama tersebut di bagi dalam 3 kategori yaitu 1.Perang Kota. 2. Perang hutan. 3. SAR.

Taktik perang adalah cabang ilmu militer berurusan dengan manuver rinci untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh strategi. Taktik juga merupakan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Taktik perang adalah penggunaan kekuatan bersenjata untuk menjalankan pertempuran. Taktik perang sebagai ilmu dan seni tentang pelaksanaan manuver pasukan dan penggunaan persenjataan untuk memenangkan pertempuran. Strategi medan tempur dikenal dengan istilah taktik. Merumuskan dan melaksanakan taktik sangat penting dalam suatu pertempuran karena satu negara bisa kalah dalam medan tempur meski strategi perang yang sudah terkordinasi dengan baik.

#Perang Gerilya#

Perang gerilya mungkin istilah itu sudah tak asing lagi di telinga kita. Perang gerilya adalah perang yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi, penuh kecepatan, sabotase dan biasanya dalam groub kecil tapi sangat fokus dan efektif. Dengan bergerilya kita dapat mengelabui, menipu bahkan melakukan serangan kilat dan teknik ini sangat membantu dan manjur saat menyerang musuh.


#Perang kota#


PERANG kota bukanlah perang yang mudah karena ada beberapa kesulitan dalam melakukan perang kota. Pertama, di perkotaan itu terdapat jumlah penduduk yang banyak, dan militer di mana pun selalu berusaha untuk menghindari jatuhnya korban dari masyarakat sipil. Di negara mana pun seperti itu, ada kewajiban moral tentara.

Kedua, banyaknya bangunan-bangunan akan menjadi hambatan bagi peninjauan. Musuh tidak bisa melihat musuh yang lain dengan jelas, berbeda dengan di lapangan atau hutan. Bangunan yang tinggi menjadi penghalang.

Ketiga, sulit meninjau musuh secara lebih detail karena ruangan-ruangan yang ada di gedung bisa menjadi persembunyian bagi musuh.
Untuk melumpuhkan musuh dibutuhkan waktu yang lebih lama dan tenaga lebih banyak, serta amunisi lebih banyak karena mereka harus melihat kamar demi kamar.

Keempat, kebebasan untuk menembak sangat terbatas. Kalau di tempat terbuka kita mudah menembak orang yang jaraknya, misalnya, tiga kilometer, kalau di kota sulit. Seperti tank-tank, hanya mungkin menembak gedung yang berhadapan langsung. Gedung yang di belakangnya tidak bisa lagi ditembak. Hal ini akan memaksa tentara untuk mendekati sasarannya. Istilahnya dalam militer, lapangan penembakan yang sangat terbatas.

Karena itulah, praktis pertempuran kota memakan waktu yang lebih banyak. Dari blok per blok jangan terlewatkan karena bisa saja kalau satu blok terlewati, tiba-tiba musuh dari belakang menembak sehingga harus balik lagi.Apalagi perang kota melawan tank. Tank itu sangat rawan dengan senjata-senjata antitank. Senjata antitank yang dibawa oleh satuan infanteri sangat mudah dibawa ke gedung-gedung untuk bersembunyi. Dengan demikian, mudah ditembakkan.

Untuk itulah kedua pasukan dengan kualifikasi khusus ini melaksanakan latihan bersama, baik latihan perang kota, perang hutan ( gerilya ) maupun latihan dalam bidang SAR.

Danyonko 469 Paskhas Letkol Pas Sitinjak disela-sela latihan perang kota mengambil tempat di ex bandara Polonia Medan (3/7/2019) jam 8:30 WIB mengatakan bahwa kegiatan latihan Joint Combined Exercise Traning Spear ini adalah latihan bersama yang bertujuan untuk membina hubungan antar kedua negara.

"Latihan ini untuk meningkatkan kerjasama kedua negara dalam bidang militer yaitu antara Amerika dan Indonesia untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan, taktik dan teknik perang," ucap Letkol Pas Sitinjak.

Sambungnya lagi, ini merupakan perintah komando atas pada kami agar kami dapat mengambil berbagai hal dari latihan bersama ini.

" Besok (4/7) latihan ini akan di tutup secara resmi dan nantinya akan dihadiri para pejabat dari komando atas," jelas Danyonko 469 Paskhas ini.

Sementara itu ditempat yang sama Kapten Jeremy Robert  Kurz mengatakan bahwa COMMANDER 320 STS
The relationship with in united states and indonesia is very important to us, and so any upto we have trained of compartes trully beneficial, a go last three week we

got some training with them, we're tap new skills learn new skill some as well, we got to the jungle my team and i never really operate in jungle environment thats

very beneficial for us and we are share from acknowledge for a something in the trained, and this is great opportunity for up two unit closed to and built that partnership and we are exicited to continue that partnership in future, they are nine in the game

(hubungan dengan di Amerika Serikat dan Indonesia sangat penting bagi kami, dan oleh karena itu, apa pun yang kami latih dari komparten yang benar-benar bermanfaat, tiga minggu terakhir kami mendapat pelatihan dengan mereka, kami memanfaatkan keterampilan baru, mempelajari keterampilan baru, dan juga , kami sampai di hutan.

"Saya tidak pernah benar-benar beroperasi di lingkungan hutan yang sangat bermanfaat bagi kami dan kami berbagi dari mengetahui untuk sesuatu dalam pelatihan,

dan ini adalah peluang besar untuk dua unit tertutup dan membangun kemitraan dan kami senang untuk melanjutkan kemitraan itu di masa depan. ( Red/Kabar 24Jam )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *