HEADLINE NEWS

POLRES PEMATNSGIANTAR GELAR APEL KONSOLIDASI BERAKHIRNYA OPS KETUPAT 2019 DAN APEL KESIAPAN PENGAMANAN SIDANG PERSELISIHAN HASIL PEMILU (PHPU)


KABAR24JAM.COM
KAMIS 13/06/2019
- Siantar
Bertempat di Lapangan H. Adam Malik Kec. Siantar Barat Kota Pematangsiantar Polres Pematangsiantar gelar Apel Konsolidasi Berakhirnya Ops Ketupat 2109 dan Apel Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) Kamis 13 Juni 21019
Bertindak selaku pemimpin apel, Dandim 0207/SML Letkol Inf Frans Kisin Panjaitan,SAP,MPP bersama Kapolres Pematangsiatar AKBP Heribertus Ompusunggu.S.IK..Si, selaku perwira upacara kasat Sabhara AKP Parno Adianto, komandan upacara Kasat Lantas Polres Polres Pematangsiantar AKP Septian Dwi Rianto,SH.SIK.

Dalam sambutannya Dandim 0207/SML Letkol Inf Frans Kisin Panjaitan,SAP,MPP membacakan amanat Kapolda Sumatera Utara menyamaikan peserta apel konsolidasi yang saya hormati dan yang saya banggakan. sebagai insan yang beriman marilah kita senantiasa bersyukur atas kehadirat allah swt, tuhan maha kuasa atas segala karunia-nya, sehingga kita masih dapat melaksanakan kegiatan “apel konsolidasi berakhirnya operasi ketupat tahun 2019 dan apel kesiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilu (PHPU)” dalam keadaan sehat wal’afiat.

Operasi ketupat 2019, telah diselenggarakan secara serentak di seluruh indonesia termasuk polda sumut dengan sandi “operasi ketupat toba 2019” selama 13 hari, mulai hari rabu pada tanggal 29 mei 2019, sampai dengan hari senin tanggal 10 juni 2019. 3 saya memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh anggota polda sumut dan jajaran atas terselenggaranya rangkaian kegiatan operasi kepolisian kewilayahan ketupat toba tahun 2019 pada pengamanan hari raya idul fitri 1440 hijriyah yang berlangsung dengan aman, tertib dan lancar

Secara keseluruhan, pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2019 di wilayah Sumatera Utara dalam keadaan relatif aman dan kondusif. arus mudik dan arus balik, kondisinya lancar. namun ada beberapa peristiwa yang menonjol pada saat hari raya idul fitri dan pasca hari raya idul fitri yang perlu mendapat perhatian khusus dari kita semua untuk segera diantisipasi. peristiwa tersebut adalah terjadinya kebakaran puluhan unit rumah di dua daerah yaitu 4 kebakaran rumah di kabupaten labuhan batu pada tanggal 5 juni 2019 pagi dini hari yang menghanguskan 33 rumah dan 4 orang tewas, dengan kerugian materi mencapai rp. 4,5 milyar dan kebakaran yang terjadi di kabupaten tapanuli selatan pada tanggal 7 juni 2019 pada malam hari yang menghanguskan satu rumah dan mengakibatkan 5 orang tewas, dengan kerugian materi sebanyak rp. 50 juta. disamping itu, pada tanggal 9 juni 2019, telah terjadi erupsi gunung sinabung yang menyebabkan muncul hujan debu vulkanik yang menutupi sejumlah areal perkebunan palawija yang berdampak gagal panen dan sebagian gagal tanam. memang erupsi Gunung Sinabung ini tidak menyebabkan terjadinya korban jiwa, namun saya tegaskan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktifitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. demikian juga di lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pilpres dan pileg tanggal 17 april lalu telah usai, namun situasi terkini kondisi negara kita yang saat ini masih bergejolak, karena ada pihak tertentu yang tidak bisa menerima hasil pengumuman pemenang pilpres 2019 oleh kpu pada tanggal 22 mei lalu. pihak yang tidak puas terhadap hasil pemilu sudah melakukan aksi unjuk rasa dimulai di ibukota jakarta dan menyebar ke berbagai provinsi. aksi demonstrasi yang semula damai, berubah menjadi anarkis. aksi yang anarkis ini ternyata disusupi oleh beberapa provokator dengan menjalankan tujuannya untuk membuat suasana menjadi kheos.


Alhamdulillah, dengan kesigapan TNI-Polri akhirnya mampu mengatasi aksi anarkis para perusuh tsb. pihak Kepolisian juga telah menangkap dan menetapkan beberapa orang tertentu menjadi status tersangka pasca kerusuhan tsb karena diduga kuat ingin merencanakan makar terhadap pemerintahan yang sah. apalagi kita masih melakukan operasi mantap brata toba 2019. hal ini dilakukan polri untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif sampai dengan selesainya seluruh tahapan proses pemilu 2019 yaitu sampai dilantiknya presiden dan wakil presiden terpilih hasil dari pilpres 2019. kemudian pihak tsb telah mengajukan gugatan terjadinya kecurangan pemilu ke mahkamah konstitusi dan sekarang kita sama-sama menyaksikan dan menunggu tahapan sidang serta hasil keputusan resmi dari mahkamah konstitusi. kita harapkan mahkamah konstitusi dapat bekerja tanpa merasa diancam atau ditakuti oleh siapapun sehingga bisa menghasilkan keputusan yang adil 7 dan objektif. apapun hasil keputusan dari mahkamah konstitusi, harus dihormati, diterima dan ditaati oleh semua pihak tanpa terkecuali. oleh sebab itu untuk mewujudkan keamanan yang terbaik di wilayah provinsi sumut, saya perintahkan kepada seluruh jajaran polda sumut untuk terus menerus meningkatkan sinergitas dan soliditas dengan tni, pemerintah daerah dan stake holders terkait lainnya serta dengan seluruh elemen masyarakat, agar provinsi sumatera utara yang kita cintai ini tetap dalam keadaan stabil, aman dan kondusif. bila ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengganggu baik secara langsung ataupun tidak langsung terhadap jalannya tahapan persidangan mahkamah konstitusi, jangan dibiarkan tapi segera ditindak sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. hadirin peserta apel yang saya hormati, demikian sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga allah swt, tuhan yang maha kuasa 8 meridhoi dan melancarkan segala upaya kita dalam melaksanakan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta. (Qadri)


Hormat Kami

KAPOLRES PEMATANGSIANTAR
AKBP HERIBERTUS OMPUSUNGGU,S.IK.M.S

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *