HEADLINE NEWS

Pengabdian Masyarakat, Dosen FTK UNHAR Manfaatkan Smartphone Untuk Mengembangkan Wisata Kuliner Melayu di Medan Labuhan



KABAR 24JAM, MEDAN

Salah satu kewajiban Dosen adalah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, hal ini dilakukan agar ilmu pengetahuan yang di dapat di perguruan tinggi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. 

Dosen Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Harapan Medan, kali ini melakukan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Pekan Labuhan Kec. Medan Labuhan. 

Perduli dengan UKM Makanan Melayu yang di produksi home made oleh Ibu-Ibu di Desa Pekan Labuhan dengan cita rasa lezat dan enak, namun tampilan dan penjualan yang sangat minim sehingga usaha kuliner khas Melayu kurang menjanjikan penghasilan yang membantu keuangan keluarga.

Tim pengabdian Masyarakat FTK UnHar mencoba membantu Ibu-Ibu pengusaha kuliner Melayu dalam mengubah tampilan kue  dengan pengemasan yang  baik dan menjualnya secara  online menggunakan smartphone. 

Sehingga Ibu-Ibu bisa menjual kue-kuenya dari rumah. Sesuai dengan background  Tim Pengabdian Masyarakat FTK UnHar, yang diketuai oleh Ummul Khair S.M.Kom, bersama Dra. Suriati M.Kom dan Dharmawati, S.Pd.M.Hum dibantu oleh dosen muda Yuyun Dwi Lestari, ST.M.Kom dan Arief Budiman,ST, M.Kom serta mahasiswa Prodi Teknik Informatika, Tentunya tim melakukan kegiatan sesuai dengan bidang ilmu.

"Karena itu kami mencoba membantu ibu-ibu UKM pengusaha kue Melayu dengan memanfaatkan Teknologi Smartphone untuk mengembangkan Wisata Kuliner khas Melayu di dunia maya, membantu mengemas kue-kue lalu mengajari ibu-ibu tersebut membuat IG, WA dan FB, dan teknik memfoto dan mengedit gambar lalu meng upload foto sehingga memiliki tampilan yang menarik untuk dijual di dunia maya, hal ini kami lakukan setelah sebelumnya mengadakan survey ke pengusaha kue khas Melayu apa keluhan mereka, yang hanya mengharapkan tetangga yang membeli dengan harga sangat murah, belum lagi kalau tidak habis atau tidak laku, dengan berjualan on-line maka ibu-ibu UKM ini akan dapat mengukur bahan yang akan dibuat seberapa banyak sesuai dengan pesanan sehingga menghemat bahan dan mendapatkan pembeli pasti," ucap Ummul Khair.

Lanjutnya lagi, allhamdulillah antusias ibu-ibu pengusaha makanan di Kec. Medan Labuhan ini untuk belajar memperoleh ilmu pengetahuan sangat besar.  Bahkan ibu – ibu ini berharap ada kelanjutan  program ini sehingga dapat belajar lebih banyak lagi. Inilah yang diharapkan pihak Perguruan Tinggi, bahwa ilmu yang kita punya bisa dinikmati oleh orang banyak sehingga peran Perguruan Tinggi di Masyarakat dapat dirasakan kehadirannya, Sesuai dengan Program Kerja Ibu Rektor Prof. Dr. Ritha F Dalimunthe, S.E, M,Si dan Andi Marwan, ST.M.Kom selaku kepala LPPM dan Dekan FTK UnHar Medan Bapak Ir. M. Zulfin MT yang selalu mensuport dosen dan mahasiswanya melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi.



( Red/Kabar 24Jam )

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *