HEADLINE NEWS

Kategori

POLDA PAPUA SYUKURAN DALAM RANGKA HARI BHAYANGKARA KE 72 TAHUN 2018




Kabar24Jam.Com
Jum'at 13 Juli 2018
Jayapura – Pada hari Rabu tanggal 11 Juli 2018 pukul 09.30 wit, setelah pelaksanaan pembinaan tradisi dalam rangka Hari Bhayangkara ke 72 tahun 2018 dengan tema Dengan Semangat Promoter Polda Papua siap mengamankan agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019 dilanjutkan acara syukuran.

Hadir pejabat Gubernur Papua Mayjend TNI (purn) Soedarmo, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH, Bhayangkari Daerah Papua, Forkopimda Papua, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh agama, Purnawirawan Polri,

Kegiatan syukuran yang diawali dengan pemberian penghargaan kepada anggota maupun Polres jajaran Polda Papua yang berprestasi dalam pelaksaan tugas serta akitiftas masyarakat yang mendukung tugas-tugas polri dengan mengadakan lomba siskamling dan pembuatan naskah tentang tugas kepolisian.

Sambutan Kapolri yang dibacakan Kapolda Papua, dalam kesempatan yang penuh dengan kehormatan ini, marilah kita menundukkan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan para personel Polri yang telah gugur dalam tugas memelihara keamanan dalam negeri. Khususnya 2 (dua) anggota Polda Papua a.n. Iptu Anumerta Jesayas Hentjie Nussy dan Bripka Anumerta Sinthon Kabarek yang gugur saat melaksanakan tugas mulia pengamanan kotak suara di Distrik Torere, Kab. Puncak Jaya, Papua, tanggal 27 Juni 2018, dalam kontak senjata dengan kelompok sipil bersenjata. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan balasan yang setimpal atas seluruh pengorbanan, perjuangan, dan pengabdian yang telah diberikan, serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan, Amin…

Presiden RI, di tengah kesibukan melaksanakan tugas-tugas kenegaraan. Berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri melalui Program Promoter telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan. Sebagai tindak lanjut dari program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya, Program Promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan publik. Program Promoter difokuskan pada 3 (tiga) kebijakan utama yang sederhana, yaitu Peningkatan Kinerja, Perbaikan Kultur, dan Manajemen Media. Peningkatan Kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan Kultur diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. Sedangkan Manajemen Media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan mengangkat prestasi - prestasi Polri dan menetralisir berita negatif,termasuk hoax.

Hasil survei tidak hanya datang dari dalam negeri, namun juga dari dunia internasional. The Gallup Organization, sebuah lembaga survei papan atas yang berbasis di Amerika Serikat, melalui 2018 Global Law and Order Survey mengungkap bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman di dunia. Posisi tersebut berada di atas Denmark (posisi ke-10) dan Belanda (posisi ke-15), bahkan Jepang (posisi ke-27). Survei juga mengungkap 69% dari 148.000 responden pada 142 negara percaya bahwa kepolisian lokal dalam hal ini Polri di Indonesia, mampu menjaga keamanan dalam negerinya.

Ditahun sebelumnya peringatan Hari Bhayangkara dilaksanakan di tempat terbuka dengan parade pasukan dan demonstrasi ketangkasan. Tahun ini dilaksanakan secara indoor di Istora Senayan. Hal ini untuk memberikan nuansa lain yang lebih sipil karena Polri pada dasarnya adalah institusi sipil berseragam. Pemilihan Istora sebagai tempat acara juga untuk mendukung promosi Asian Games 2018 karena Istora merupakan salah satu venue utama, yang telah direnovasi optimal atas instruksi Bapak Presiden. Peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia pada tanggal 11 Juli hari ini, karena Polri lebih memprioritaskan Operasi Mantap Praja Pengamanan Pilkada yang masih belum tuntas sepenuhnya. Selain itu kami juga laporkan bahwa pada tanggal 19 Juli 2018, akan mulai ditayangkan secara serentak di seluruh jaringan bioskop XXI di tanah air film dengan judul “22 Menit”. Film drama action ini diinspirasi dari kisah nyata aksi teror di Jl. Thamrin, Jakarta Pusat tanggal 14 Januari 2016. Melalui film ini Polri hendak menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme, sekaligus mengajak seluruh elemen untuk meningkatkan kewaspadaan dan kebersamaan dalam penanggulangan terorisme di Indonesia.

Bapak Presiden yang saya muliakan, serta Hadirin dan tamu undangan yang berbahagia, Agar pesan tersebut dapat tersampaikan secara lebih luas, jajaran Polri akan menyelenggarakan acara nonton bareng bersama keluarga, jajaran Pemda, TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, mahasiswa, dan seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh hadirin, pada tanggal 19 Juli 2018 dan seterusnya mari kita beramai-ramai menyaksikan film tersebut. Karena anggaran Polri tidak tersedia maka disarankan menonton di bioskop, mohon maaf dengan bayar sendiri.

Penyampaian Kapolda Papua, Lebih khusus kepada pejabat di Papua kami mengucapkan terimakasih kepada forkopimda kerean telah hadir yang merupakan mitra kerja kita dan juga kepada tokoha masyarakat dan kita telah selesai melakukan rangkaian pilkada Papua 2018. Sepanjang tahun 2018 kita bekerja sama dengan tokoh agama untuk menggelar puasa dan doa bersama dengan tokoh agama, doa kita agar pilkada dapat berjalan dengan aman. Terjadi potensi yang terjadi mengarah konflik kita bersyukur mendapat bimbingan dari Tuhan sehingga dapat di selesaikan secara bermartabat. Juga peran serta dari tokoh adat kepada kepolisian seperti tokoha dat Sentani yang memberikan tanahnya untuk membangun mapolda Papua di Sentani serta tokoh adat yang telah memberikan tempatnya untuk membangun pangkalan polair di Sentani Demikian juga para organisasi lain yang telah membantu Polda Papua.

Kita tentunya menyadari pelayanan masih belum kita lakukan secara maksimal kepada masyarakat oleh karena itu kami menekankan kepada masyarakat semua, kita telah mempunyai lahan 30 hektar yang rencananya tahun 2019 akan kita bangun Polda yang baru di Sentani semoga ini bisa terwujud dan ini merupakan sumbangsih dari para tokoh adat serat masyarakat semua. Saya mengucapkan terimakasih kepada tokoh adat dan tokoh agama serta masyarakat semua. Kami juga meminta dukungan kepada masyarakat serta Unsur TNI yang telah membantu Polda Papua dalam  merupakan menjaga kemanaan di Papua ini.

Kami mengucapkan terimakasih  kepada Bupati puncak yang telah mendukung sarana dan prasarana Polres puncak. Dalam hal aktivitas di lapangan ada perwakilan siskamling ini adalah bentuk partisipasi dari masyarakat Karena wilayah Papua yang luas ini peran poskamling sangat penting dan saya mengucapkan terimakasih karena telah hadir dalam kegiatan hari Bhayangkara ini. Diakhiri dengan doa di bawakan oleh ketua MUI provinsi Papua KH. Syaiful Islam dan foto bersama.(Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *